SOLAT TERBAIK WANITA ADALAH DIRUMAHNYA


Sebaik-baik sholat wanita adalah di rumahnya. Karena Alloh memerintahkan kepada wanita untuk berdiam diri di rumah. Namun tidak mengapa ia keluar rumah untuk melaksanakan sholat asalkan memperhatikan aturan syariat seperti menutup aurat dan tidak menimbulkan fitnah bagi laki-laki.

Dalam ajaran Islam, sholat wanita lebih baik di rumah. Dari Ummu Salamah, Rosululloh bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad,

 “Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah diam di rumah-rumah mereka.”

Sedangkan dalam hadis lain dari ‘Abdulloh bin Mas’ud, Nabi  bersabda,
 “Sholat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya daripada sholatnya di pintu-pintu rumahnya, dan sholat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (Hadits Riwayat Abu Dawud).

Bahkan Rosululloh telah menjelaskan dengan tegas bahwa sholat wanita di rumah itu lebih afdhol daripada sholat wanita di masjid nabawi. Padahal sebagaimana telah kita ketahui berdasarkan hadits yang diriwayatkan al-Bukhori dan Muslim, satu sholat di Masjidil Haram memang lebih utama dari seratus ribu sholat di masjid lain, satu sholat di Masjid Nabawi lebih baik dari seribu sholat di masjid lain, dan di Masjid al-Aqsho lebih utama dari lima ratus sholat di masjid lain.
Namun bagi para wanita termasuk jamaah haji, sholat di rumah atau penginapan lebih baik bagi mereka daripada sholat di Masjid Nabawi, bahkan di Masjidil Haram. Dasarnya adalah hadits shohih berikut ini:

Dari Ummu Humaid beliau adalah istri Abu Humaid as-Sa’idi  bahwa ia telah datang kepada Nabi  dan berkata, “Wahai Rosululloh, sungguh saya senang sholat bersamamu.” Nabi berkata, “Aku sudah tahu itu, dan sholatmu di bagian dalam rumahmu lebih baik bagimu daripada sholatmu di kamar depan. Sholatmu di kamar depan lebih baik bagimu daripada sholatmu di kediaman keluarga besarmu. Sholatmu di kediaman keluarga besarmu lebih baik bagimu daripada sholatmu di masjid kaummu, dan sholatmu di masjid kaummu lebih baik daripada sholatmu di masjidku.” Maka Ummu Humaid memerintahkan agar dibangunkan masjid di bagian rumahnya yang paling dalam dan paling gelap, dan ia sholat di situ sampai bertemu Alloh yakni wafat. [Hadits Riwayat Ahmad]

Kenapa sampai wanita lebih bagus sholat di rumahnya, bahkan lebih bagus di ruangan di kamarnya yang lebih khusus untuknya? Karena seperti itu akan lebih menutupi dirinya.

Imam Nawawi  menjelaskan, “Sholat jama’ah bagi wanita itu lebih baik di rumahnya daripada mendatangi masjid. … Dan sholat wanita di rumahnya itu lebih menutupi dirinya dan lebih afdhol”.

Sholat wanita di rumah adalah pengamalan dari perintah Alloh agar wanita diam di rumah. Alloh  berfirman dalam surat al Ahzab ayat 33,
 “Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu”

Nabi juga bersabda, “Wanita itu adalah aurat. Jika dia keluar maka setan akan memperindahnya di mata laki-laki” (Hadits Riwayat at-Tirmidzi).
Namun jika wanita ingin melaksanakan sholat berjama’ah di masjid selama memperhatikan aturan seperti menutupi aurat dan tidak memakai harum-haruman, maka janganlah dilarang.

Dari Salim bin Abdulloh bin Umar bahwasanya Abdulloh bin ‘Umar berkata, “Aku mendengar Rosululloh bersabda,
لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ إِذَا اسْتَأْذَنَّكُمْ إِلَيْهَا
“Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia” (Hadits Riwayat Muslim).
Sekali lagi, dilarang memakai harum-haruman ketika keluar rumah. Dari Abu Hurairoh, Nabi  bersabda,
أَيُّمَا امْرَأَةٍ أَصَابَتْ بَخُورًا فَلاَ تَشْهَدْ مَعَنَا الْعِشَاءَ الآخِرَةَ
“Wanita mana saja yang memakai harum-haruman, maka janganlah dia menghadiri sholat Isya’ bersama kami” (Hadits Riwayat Muslim).
Jika setiap wanita memperhatikan sholatnya dan menjaga kehormatan dirinya, maka ia akan mendapatkan keutamaan sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriiwayatkan oleh imam Ahmad dan Ibnu Hibban.

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
“Jika seorang wanita selalu menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan di bulan Ramadhan, serta betul-betul menjaga kemaluannya dari perbuatan zina dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah kedalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka”


pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang sebaik-baik atau lebih afdhol sholat seorang wanita muslimah adalah di dalam rumahnya demikianlah semoga bermanfaat semoga tidak ada lagi hari-hari yang bolong dalam pelaksanaan sholat Ingatlah sholat adalah pembatas keimanan seseorang/ dan amal yang pertama kali di hisab/ Ingatkan anak-anak kita untuk melaksanakan sholatwallohu a’lamwassalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SOLAT TERBAIK WANITA ADALAH DIRUMAHNYA"